Jumat, 14 September 2012

Tahukah Kamu?

Hei hei diriku datang bawa fact unik tentang sains nih,cekidot ^^

Tahukah Kamu?

1.Kenapa pipi kita merah ketika malu


saat seseorang merasa malu, maka hormon adrenalin akan bekerja secara maksimal (adrenalin adalah hormon yang berhubungan dan mengendalikan emosi dan rasa takut), Hormon ini bertindak sebagai stimulan alami dan memiliki berbagai efek pada tubuh yang merupakan bagian dari respons. Saat adrenalin meningkat, maka napas dan detak jantung juga akan meningkat. Hal ini dapat memperlambat proses pencernaan sehingga energi dialihkan ke otot.
Akibatnya pembuluh darah di wajah akan melebar (vasodilation) dan memungkinkan lebih banyak darah mengalir melalui wajah daripada biasanya. Kondisi ini akan membuat wajah seseorang memerah.

rasa malu biasanya muncultanpa bisa dikendalikanoleh sistemotak sadar kita,sehingga bagaimanapun kita berusaha mengendalikan rasa malu tersebut,gejala pipi yang memerah akan tetap muncul. intinya adalah, janganmencoba untukmembohongi diri sendiri.

Karena Bisa jadi pipi yang memerah adalah salah satu komunikasi visual secara tak langsung, dan itulah salah satu sisi menarik dari manusia.

2.Kenapa air liur komodo beracun

Kini para peneliti mengaku menemukan salah satu kunci kemampuan membunuh hewan ini, yakni bakteri berbahaya yang ada di air liurnya. Air liur komodo mampu membunuh mangsa dengan cepat.

“Model yang ada menunjukkan, bakteri ini menyebar secara epidemis antar mulut kadal melalui mangsa yang melarikan diri dari serangan pertama,” kata peneliti dari University of Texas.

para peneliti menemukan, rata-rata terdapat 58 spesies bakteri di air liur Komodo yang 93% di antaranya diklasifikasikan sebagai berpotensi Pathogenik.

Salah satu bakteri ini adalah Pastuerella Multocida yang mampu membunuh tikus dalam sekejap.

3.Kenapa tidak boleh minum sambil berdiri


Ketika kita minum sambil duduk, air yang masuk ke dalam tubuh akan disaring oleh sphincter. Sphincter adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih dapat lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Namun, apabila kita minum sambil berdiri, air yang kita minum tidak lagi melewati saringan di atas, tapi langsung menuju kantung kemih, sehingga terjadi pengendapan di saluran ureter. Banyaknya limbah yang mengendap dan tersisa di ureter itulah yang kadang menyebabkan penyakit kristal ginjal, yang merupakan salah satu penyakit ginjal berbahaya. Salah satu gejala penyakit tersebut adalah susah buang air kecil.

Jadi, jangan sampe agan2 terlalu sering minum sambil berdiri. Selain cukup berbahaya, minum berdiri itu terkesan terburu-buru. lebih baik minum pelan-pelan, ya :D

Sumber : 
http://teknologi.inilah..com/read/detail/1867281/terungkap-misteri-gigitan-beracun-komodo
http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/k
http://anehdidunia.blogspot.com/2012/03/penyebab-pipi-merah-saat-kita-malu.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar